Politik Air Hangat Rusia


Politik Air Hangat adalah upaya Rusia untuk mendapatkan dan menguasai pelabuhan yang tidak membeku di musim dingin. Politik Air Hangat ini dilatarbelakangi kondisi geografis Rusia yang “terkunci” di daratan. Aksesnya ke dunia luar melalui laut tertutup pada musim dingin. Vladivostok adalah satu-satunya pelabuhan Rusia yang tidak membeku di musim dingin.
Selama dua ratus tahun terakhir para ahli strategi Rusia berusaha memperbaiki hal tersebut melalui upaya menguasai laut. Tsar Peter Agung memperkuat Kerajaan Rusia dengan cara membangun industri-industri militer dan membangun kota baru di laut Baltik yang diberi nama St. Petersburg. Kota ini kemudian dijadikan ibukota kerajaan Rusia, dan setelah revolusi Rusia tahun 1917 diubah namanya menjadi Leningrad.
Ekspansi militer Rusia untuk mewujudkan Politik Air Hangat telah dimulai sejak abad ke-19. Rusia menyerbu dan menganeksasi hampir seluruh Manchuria yang kira-kira seluas 1/9 wilayah Cina. Rusia menginginkan Manchuria untuk menguasai pelabuhan yang bisa digunakan sepanjang tahun dan terbebas dari es membeku pada musim dingin. Selanjutnya pada abad ke-20, upaya Rusia menguasai Laut Balkan telah menyeretnya dalam “Masalah Balkan” dan melibatkan Rusia dalam Perang Dunia I.

0 comments:

Post a Comment